loading...

Nah ini dia penjelasan singkat macam macam jaringan internet yang umum perlu anda ketahui


Berikut ini beberapa jenis jaringan internet yang sering kita jumpai pada pelajaran TIK yaitu :

1. Jaringan LAN (Local Area Network)
Adalah sebuah jaringan yang mencakup sebuah daerah yang relatip rendah atau dekat yaitu sekitar 100 meter saja , biasanya terdapat disebuah gedung atau kampus dan bisa juga disebut dengan jaringan pribadi.

2.Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah sebuah jaringan yang cakupannya satu tingkat lebih luas dari LAN , jangkauannya bisa mencapai 
5-10 KM atau dapat di katakan jangkauannya bisa mencapai 1 kota , misal seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya yang berada di suatu kota dengan mengunakan jaringan MAN ini bisa saling berhubungan.

3. WAN ( Wide Area Network )
Adalah sebuah jaringan yang jangkauan jaringan nya paling luas dari jenis LAN dan MAN, yang mana jangkaun WAN ini bisa mencakup satu negara atau bahkan satu benua dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

4.INTERNET (Interconnection Networking)
Internet disebut juga jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga  menjangkau keseluruh pelosok dunia . Atau bisa dikatakan suatu jaringan dalam jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan berjuta komputer didunia. Jaringan ini adalah yang paling powerfull dalam hal pertukaran data karena kecepatannya bisa sangat tinggi. Jaringan ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global yang meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.


5. Wireless (Jaringan tanpa kabel)
Jaringan Wireless ( NIRKABEL), jaringan ini tidak  menggunakan kabel  seperti jenis jaringan yang lain dan jaringan ini merupakan jaringan yang paling praktis. Di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio/frekuensi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

loading...