loading...

6+ Manfaat internet Untuk Kehidupan sehari hari #MilfaBlog

INTERNET



Pengertian Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna.

Sesuai dengan pengertian internet di atas bahwa internet dapat menghubungkan jutaan perangkat gadget maupun komputer. Dengan demikian, tentu banyak sekali manfaat yang dapat dihadirkan oleh internet kepada pengguna. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihadirkan internet kepada pengguna mulai dari aspek komunikasi, bisnis, gaya hidup hingga sebatas hiburan.


1.Manfaat Internet Untuk Kehidupan Sehari-hari

Tersedianya akses internet memang akan memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan akses internet, diantaranya berkomunikasi, mencari informasi hingga entertaiment. Berikut ini adalah penjelasan secara terperinci mengenai ketiga manfaat tersebut.


a.Memperkaya wawasan dan pengetahuan




Kehadiran akses internet membawa perubahan besar bagi wawasan dan pengetahuan manusia. Kini, internet telah menjadi sumber belajar alternatif selain guru maupun buku. Bayangkan saja, asalkan terhunung dengan internet melalui perantara search engine apa pun yang Anda cari pasti menemukan jawabannya.
Jika Anda seorang pelajar, maka kebijaksanaan dalam menggunakan akses internet tentu dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Banyak sekali situs-situs di internet yang menyajikan konten edukatif kepada Anda dengan biaya yang gratis.
Misalnya apabila Anda ingin memperdalam mengenai pemahaman bahasa asing, maka dapat memanfaatkan situs duolingo.com. Tidak hanya sekedar bahasa karena dengan internet Anda juga dapat belajar berbagai pengetahuan. Caranya cukup mudah dimana Anda hanya tinggal mengunjungi situs Khan Academy.
Setiap konten yang tersedia pada masing-masing situs tersedia dalam dua bentuk, yaitu dokumen maupun video. Bagi Anda yang sulit belajar secara tekstual, maka tidak perlu khawatir karena materi video jauh lebih interaktif.

b.Memperlancar proses komunikasi




Perkembangan internet / sejarah internet yang begitu pesat membuat proses komunikasi antar individu menjadi lebih mudah dan semakin cepat. Kini, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan perangkat berupa smartphone maupun komputer PC melalui aktivitas chatting di jejaring sosial media.
Ada beberapa sosial media yang dapat Anda pergunakan untuk proses komunikasi mulai dari Whatsapp, Facebook, Twitter, Line bahkan Email sekalipun. Coba bandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu, dimana setiap orang apabila hendak berkomunikasi harus menggunakan jasa telepon di wartel.
Penggunaan teleponnya pun tidak dapat leluasa karena semakin lama waktunya, maka makin mahal juga harganya. Kini, dengan kehadiran teknologi canggih dan akses internet, maka proses komunikasi menjadi lebih fleksibel dan murah
c.Berpotensi membantu bisnis Anda



Banyak orang yang telah merasakan bagaimana manfaat internet bagi perkembangan bisnis mereka. Bahkan beberapa orang mulai memanfaatkan akses internet sebagai bisnis utama mereka melalui online shop.
Selain itu, dengan hadirnya internet orang-orang lebih leluasa untuk menunjukkan potensi yang berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang. Caranya pun sangat bervariasi, dimana Anda dapat berjualan via online dengan membuka online shop.
Jika Anda jago tutorial aplikasi tertentu, maka dapat memanfaatkan situs youtube untuk menghasilkan uang. Selain itu, tulisan-tulisan Anda menjadi lebih berarti dan dihargai jika Anda mempostingnya di blog pribadi. Semua keuntungan tersebut dapat Anda nikmati jika mendaftarkan akun pada Google Adsense.
d.Menjadi lebih mudah dalam berbagi



Kehadiran internet membuat Anda menjadi lebih leluasa untuk membagikan apapun yang dimiliki. Misalnya pengalaman, resep masakan, video maupun foto melalui akun sosial media hingga blog pribadi. Namun, sekarang nampaknya orang mulai tertarik untuk berbagai konten apapun melalui blog pribadi. Hal ini dikarenakan banyaknya platform gratis yang tersedia seperti wordpress dan blogger.
Bukan hanya melalui blog saja karena seiring dengan berjalannya waktu, internet mulai mewadahi para pengguna dengan menyediakan konten-konten spesifik. Contohnya bagi pengguna yang menggemari aktivitas memasak atau ingin sekedar belajar dapat mengunjungi situs cookpad. Disamping itu, traveling Anda terasa belum lengkap apabila tidak mengunggah foto-foto melalui akun Instagram dan Facebook.
e.Memberikan hiburan kepada pengguna



Perkembangan sejarah internet tidak hanya membawa dampak dalam hal kemudahan komunikasi tetapi lebih dari itu kehadirannya juga dapat menghibur. Melalui pemanfaatan akses internet, Anda dapat melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, menonton video, mengakses akun sosial media hingga bermain game.
Misalnya: pengguna dapat memanfaatkan situs Youtube maupun Spotify sebagai sarana mendengarkan musik dan menonton video. Selain itu, aktivitas chatting dengan saling berbalasa komentar pada akun jejaring sosial pun terkadang sudah menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Meskipun kelihatannya sangat sederhana tetapi aktivitas ini cukup efektif memberikan hiburan pada diri pengguna.
f.Belanja menjadi lebih mudah



Semakin maraknya penggunaan internet membuat aktivitas keseharian pengguna menjadi terintegrasi di dalamnya. Kini, orang-orang nampaknya mulai menggemari aktivitas berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu keunggulan dari aktivitas berbelanja melalui online shop adalah Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

loading...